Kamu pernah menggambar kan?
Untuk menggambar kita pasti butuh tempat untuk digambar kan?
Tempat itu bisa tembok (hayooo), mobil bapak (jangan), kertas atau canvas.
Nah, definisi canvas di html 5 adalah tempat atau area di halaman web untuk menggambar grafis dengan javascript.
Jadi, canvas ini tempat gambarnya, pensil yang digunakan adalah javascript.
Apa yang bisa kamu gambar?
HTML5 Canvas
Element html canvas adalah:
<canvas id="iniCanvas" width="300" height="150"></canvas>
Atribut id iniCanvas
berukuran width
300px dan height
150px. ID iniCanvas
inilah yang menjadi penghubung antara javascript dengan canvas.
Gambar garis
Saya mencoba menggambar garis diagonal dengan kode html:
<canvas id="iniCanvas" width="300" height="150" style="border:1px solid #d3d3d3;"> Browsermu tidak support html5.</canvas> <script> var c = document.getElementById("iniCanvas"); var garis = c.getContext("2d"); garis.lineWidth = 5; garis.strokeStyle = '#FF29C6'; garis.moveTo(0,0); garis.lineTo(300,150); garis.stroke(); </script>
Canvas yang saya buat panjang 300px
tinggi 150px
dengan border 1px warna abu-abu.
Untuk script saya buat variabel c
untuk mengambil id iniCanvas
dari html5. Kemudian mendefinisikan variabel garis
.
Tebal garis lineWidth
yaitu 5px
, strokeStyle
warna garis #FF29C6
.
Hasilnya:
Gambar lingkaran
Sekarang kita mau buat gambar lingkaran:
<canvas id="iniCanvas2" width="300" height="150" style="border:1px solid #d3d3d3;"> Browsermu tidak support html5</canvas> <script> var c = document.getElementById("iniCanvas2"); var garis = c.getContext("2d"); garis.lineWidth = 5; garis.strokeStyle = '#FF29C6'; garis.arc(95,80,60,0,2*Math.PI); garis.stroke(); </script>
Tambahkan kode arc(95,80,60,0,2*Math.PI);
untuk buat lingkaran.
Hasilnya:
Gambar kotak
Untuk menggambar kotak, kita perlu kode:
<canvas id="imageView" width="300" height="150"></canvas> <script type="text/javascript"> var canvas, context, canvaso, contexto; canvaso = document.getElementById('imageView'); context = canvaso.getContext('2d'); context.lineWidth = 5; context.strokeStyle = '#000000'; context.strokeRect(0, 0, 300, 150); </script>
Dengan hasil:
Canvas cheatset
Berikut ini cheatset kode yang bisa kamu gunakan untuk menggambar canvas html5: